FESTIVAL FISIKA (FIFA) 2016, OLIMPIADE FISIKA TINGKAT SMA/MA DAN SMP/MTs SEDERAJAT SE-JAWA

KABAR LTPS - admin | 12/12/2016 | 491 kali dibaca

Program Studi Pendidikan Fisika (PFIS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam rangka milad prodi Pendidikan Fisika, mengadakan acara tahunan yakni QUANTUM 2016. Rangkaian acara QUANTUM 2016 dibuka dengan Festival Fisika (FIFA) 2016, Olimpiade Fisika SMA/MA dan SMP/MTs sederajat se-Jawa. FIFA 2016 yang diadakan di Kampus III Universitas Ahmad Dahlan pada tanggal 5 November 2016, diikuti siswa-siswi SMA/MA sebanyak 22 tim dan 23 tim SMP/MTs se-Jawa beserta guru pembimbing dan dihadiri oleh Wakil Rektor I UAD, Wakil Rektor IV UAD, Dekan FKIP UAD, serta jajaran Dosen Pendidikan Fisika FKIP UAD.

Dr. Muchlas, M.T. dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan FIFA 2016 “Diharapkan  kepada peserta dalam mengikuti kegiatan ini adalah diniatkan semata-mata untuk beribadah sehingga meningkatkan keimanan kita, karena dengan mempelajari fisika dan mengeksplorasi fisika lebih dalam adalah sama dengan mempelajari ayat-ayat Tuhan baik yang terhimpun dalam Al-Qur’an maupun alam semesta yang kita sebut Sunatullah-Nya. Mudah-mudahan Festival Fisika ini dapat mengembangkan kognitif dan keterampilan dari siswa-siswi yang mengikuti.”

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti ajang ini, begitu juga dengan guru pembimbing. Kegiatanyang berlangsung dari pagi hingga petang ini terdiri dari tiga babak  yaitu: 1. Babak penyisihan dengan menjawab 50 soal pilihan ganda, 2. Babak semifinal yang terdiri dari sesi soal isian, analisis video/simulasi, dan soal rebutan, 3. Babak Final. Dalam FIFA 2016 ini, fasilitas yang didapat dari guru pembimbing yaitu Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Arduino.

Piala bergilir Rektor tingkat SMA sebelumnya diperoleh oleh SMAN 1 Yogyakarta pada FIFA 2015 berhasil direbut oleh SMAN 5 Yogyakarta. Begitu juga pada tingkat SMP/MTs sebelumnya diperoleh SMPN 9 Surakarta berpindah tangan ke SMPN 1 Temanggung. Berikut hasil pemenang Festival Fisika 2016:

Tingkat SMA/MA sederajat

Juara 1 : SMAN 5 Yogyakarta tim B

Juara 2: SMAN 5 Yogyakarta tim A

Juara 3: SMAN 1 Yogyakarta tim A

Juara Harapan 1: SMAN 1 Bantul

Juara Harapan 2: SMAN 1 Yogyakarta tim B

Tingkat SMP/MTs sederajat

Juara 1 : SMPN 1  Temanggung tim A

Juara 2: SMP IT Bina Umat

Juara 3: SMPN 1 Temanggung tim B

Juara Harapan 1: SMP IT Al-khairat

Juara Harapan 2: MBS Yogyakarta

 

Diarsip dalam: Berita HMPS |

Tanggapan

Belum ada tanggapan

Tinggalkan balasan

Anda harus sebagai login untuk memberi tanggapan.