LOMBA ROKET AIR (LRA) TINGKAT SMA/MA DAN SMP/MTs SEDERAJAT SE-DIY JATENG

KABAR LTPS - admin | 12/12/2016 | 159 kali dibaca

Setelah sebelumnya rangkaian QUANTUM 2016 dibuka dengan Festival Fisika 2016, Program Studi Pendidikan Fisika (PFIS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan rangkaian acara yang kedua yakni Lomba Roket tingkat SMA/MA dan SMP/MTs sederajat se-DIY Jateng. Diadakan di Komplek Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan pada tanggal 6 November 2016. Kegiatan ini diikuti siswa-siswi SMA/MA sebanyak 19 tim dan 24 tim SMP/MTs se-DIY Jateng dan dihadiri oleh Wakil Rektor III UAD, Wakil Dekan FKIP UAD, serta jajaran Dosen Pendidikan Fisika FKIP UAD.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Rektor III, Dr. Abdul Fadlil, M.T. berlangsung sejak pagi hingga ba’da dzuhur. Dr. Abdul Fadlil, M.T. dalam sambutannya sekaligus membuka  kegiatan LRA “Dalam Lomba Roket Air ini merupakan pengaplikasian ilmu Fisika yang dapat dijadikan media pembelajaran. Diharapkan peserta dan para guru dapat meningkatkan pembelajran dalam mengaplikasikan ilmu fisika di sekolah.” “Lomba Roket Air yang diselenggarakan Prodi Pendidikan Fisika sangat luar biasa karena dapat meningkatkan silaturahmi antara prodi dengan sekolah dan Dosen Pendidikan Fisika dengan mahasiswa khususnya HMPS Pendidikan Fisika. Semoga ajang ini dapat terus terlaksana tiap tahunnya dan antara sekolah dan Prodi Pendidikan Fisika dapat mejalin kerjasama yang lebih.” ucap Dr. Suparman, M.Si.DEA dalam sambutannya.

Para peserta berbondong-bondong dengan membawa roket dan peuncur terbaiknya untuk diluncurkan di lapangan Kampus IV UAD dan mencapai target yang diinginkan. Kategori yang dinilai dalam lomba ini adalah desain, ketepatan sasaran dan kerjasama. Peserta dituntut untuk mengatur tekanan, sudut dan arah roket agar mencapai sasaran yang tepat dan memperoleh poin tertinggi. Dewan juri pada LRA ini berasal dari Dosen Pendidikan Fisika UAD yaitu, Drs. Ishafit, M.Si. dan Eko Nursulistiyo di lapangan SMP serta Oki mustava, M.Pd.Si dan Toni Kus Indratno, M.Pd.Si di lapangan SMA.

Perolehan pemenang dalam Lomba Roket Air mendapatkan hadiah uang tunai, piala dan sertifikat. Piala bergilir Rektor tingkat SMA diperoleh oleh MAN Sabdodadi Yogyakarta dan pada tingkat SMP/MTs diperoleh SMPN 1 Pajangan. Berikut hasil pemenang LRA:

Tingkat SMA/MA sederajat

Juara 1 : MA Muallimin Yogyakarta tim B

Juara 2: MAN Sabdodadi Bantul tim A

Juara 3: SMAN 1 Sewon

Juara Harapan 1: SMA IT Bina Umat tim A

Juara Harapan 2: SMAN 1 Bantul

Tingkat SMP/MTs sederajat

Juara 1 : SMPN 1  Pajangan

Juara 2: SMP Muhammadiyah 1 Moyudan

Juara 3: SMPN 1 Temanggung tim B

Juara Harapan 1: SMP Muhammadiyah 2 Kalasan tim A

Juara Harapan 2: SMP Muhammadiyah 2 Kalasan tim B

Diarsip dalam: Berita HMPS |

Tanggapan

Belum ada tanggapan

Tinggalkan balasan

Anda harus sebagai login untuk memberi tanggapan.