PEMIMPIN

KABAR LTPS - admin | 19/11/2012 | 644 kali dibaca

               Tak mudah memang menjadi seorang  pemimpin itu dan tak semua orang bisa memimpin tapi kita yakini kita bisa menjadi pemimpin. Pemimpin merupakan seseorang yang bisa mempengaruhi orang lain untuk menggapai visi atau tujuan, dari arti tersebut jelas seseorang harus mempunyai visi yang jelas untuk menjadi pemimpin, tanpa tujuan yang jelas seseorang tidak akan menjadi pemimpin baik diri sendiri maupun orang lain.

           Tapi yang perlu di ingat pemimpin tidak hanya punya tujuan yang jelas tapi juga harus bisa bertanggung jawab, memberikan teladan yang baik serta bisa mempercayai seseorang.pemimpin yang punya visi yang jelas tapi dia tidak bertanggung jawab sama saja seperti biola tak berdawai  tdik bisa dibunyikan dengan merdu, lalu seperti apa pemimpin yang harus kita perhatikan dan kita teladani ? kembali ke diri kita masing untuk memikirkan apa arti sebuah pemimpin itu ? apa dia bisa memimpin? Apa dia punya tanggung jawab ? serta apa dia bisa mempercayai seseorang ? tentunya kita akan tahu siap pemimpin dan seperti apa pemimpin yang kita inginkan.

Lalu yang menjadi pertanyaan apa kita sudah menjadi pemimpin ? diri kitalah yang tahu itu, jika kita bisa mempengaruhi seseorang, kita bisa bertanggung jawab serta kita bisa mempercayai seseorang dan yang terpenting kita mempunyai visi yang jelas maka kita bisa menjadi pemimpin. Tapi saat ini masih saja ada yang hanay bisa duduk indah dengan meja yang dihiasi skenario yang tak kunjung selesai untuk dijadikan bahan proyek rakyatnya, hanya bisa berbicara mengebu-gebu tapi tak kunjung diwujudkan dan akhirnya terlupakan dan bahkan sengaja melupakknya, apa itu yang pemimpin yang kita inginkan ?

                    Kebanyakan orang masih cenderung mengatakan bahwa pemimipin yang efektif mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu yang sangat penting misalnya, kharisma, pandangan ke depan, daya persuasi dan intensitas. Dan memang, apabila kita berpikir tentang pemimpin yang heroik seperti Napoleon, Washington, Lincoln, Churcill, Sukarno, Jenderal Sudirman, dan sebagainya kita harus mengakui bahwa sifat-sifat seperti itu melekat pada diri mereka dan telah mereka manfaatkan untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan. Maka dari itulah muncul pisimistis sesorang mengenai kepemimpinan seseorang hingga muncul bebrapa buku yang berjulul  pemimpin ( leader ), barang kali dalam pikiran kita terlintas siapa yang harus kita tiru? Siap yang harus kita teladani ? apa yang harus diraih? Serta apa yang harus diperjuangkan?  Lalu bagaiman menjadi pemimpin yang efektif yang bisa kita mudah pahami dan mudah kita aplikasikan? Guru manajeman terkenal, Peter Drucker, menjawabnya hanya dengan beberapa kalimat: “pondasi dari kepemimpinan yang efektif adalah berpikir berdasar misi organisasi, mendefinisikannya dan menegakkannya, secara jelas dan nyata.

Diarsip dalam: Tulisan Bebas |

Tanggapan

Belum ada tanggapan

Tinggalkan balasan

Anda harus sebagai login untuk memberi tanggapan.