Pelatihan Corel Draw

 

YOGYAKARTA- Minggu (7/4), HMPS Pendidikan Fisika Periode 2019-2020 telah melaksanakan salah satu rangkaian program kerja yaitu Pelatihan Corel Draw. Pelatihan ini adalah pelatihan kedua dari empat rangkaian pelatihan dengan tema “Ciptakan Karya untuk Fisikawan Muda Berkemajuan”, yang diadakan berdasarkan program kerja Divisi Akaristek. Tujuan dari diadakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan aplikasi Corel Draw dan juga secara tidak langsung akan meningkatkan kreativitas mahasiswa.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh  ketua panitia kemudia langsung dilanjutkan dengan langsung masuk kemateri  oleh Pemateri yaitu Sdr. IfanWidiyanto yang merupakan mahasiswa Pendidikan Fisika UAD semester 8. Pemateri memulai materi dengan menjelaskan dasar-dasar dari suatu  desain grafis yaitu warna (colour),bentuk (shape), danteks (text). Setelah itu pemateri memperlihatkan tool-tool dasar dari Corel Draw, kemudian  langsungmasuk kemateri inti yaitu membuat line art dengan metode tracing gambar. Dalam pelaksanaannya banyak mahasiswa yang tertinggal karena masih belum terbiasa dalam menggunakan Corel Draw. Dengan bantuan mahasiswa lain yang telah paham, mahasiswa tersebut mampu mengikuti materi.

Corel Draw dipilih   karena dengan aplikasi ini mahasiswa nantinya dapat membuat media pembelajaran dengan membuat grafik-grafik, ilustrasi dan berbagai media gambar lainnya. Sehingga ketika mahasiswa nanti sudah terjun kedunia kerja, dalam hal ini menjadi guru, mereka dapat membuat berbagai media pembelajaran yang mampu meningkatkan ketertarikan pesert adidiknya dalam menerima materi pelajaran.

“Kepada Hadirin yang telah bersedia hadir kami ucap kanbanyak terimakasih atas kehadiran dan partisipasinya di kegiatan pelatihan ini, kami harapkan kehadirannya di pelatihan-pelatihan selanjutnya .“ HMPS PendidikanFisika