Kajian Fisika

 

 

 

 

Yogyakarta 25/05/19. Alhamdulillah HMPS Pendidikan Fisika periode 2019-2020 telah menyelenggarakan kajian fisika bersama dosen dan mahasiswa pendidikan fisika. Acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 25 Mei 2019 bertempat di Lantai 5 Labolatorium Ipa Terpadu Universitas Ahmad Dahlan yang berada di Kampus 4 UAD. Judul yang diambil pada kesempatan kali ini adalah Kajian Sore Ramadhan, dengan tema Kokohkan Iman,Mantapkan Hati Para Fisikawan Muda. Acara ini adalah salah satu program kerja dari HMPS Pendidikan Fisika dari divisi Sosial Keagamaaan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan dari mahasiswa dan ajang bertemunya mahasiswa pendidikan fisika dari berbagai angkatan bersama dosen.

Acara ini dibuka dengan pembacaan kalam illahi, kemudian dilanjutkan sambutan dari ketua HMPS Pendidikan Fisika dan Kaprodi Pendidikan Fisika. Kemudian dilanjutkan acara inti yaitu kajian fisika yang disampaikan oleh Bapak Drs. Ishafit. M.Si sebagai salah satu dosen di prodi pendidikan fisika. Dalam sempatan kali ini pemateri menyampaikan tentang Hakikat dan Tugas Manusia. Disini beliau menyampaikan tentang peran manusia sebagai khalifah dan tugas sebagai hamba ciptaan. Dijelaskan tugas manusia sebagai pemimpin dan bagaimana hubungan manusia dengan Allah (hablum minallah). Beliau juga menjelaskan jika manusia bisa menjalankan ke dua tugas tadi maka orang tadi bisa disebut sebagai muslim yang utuh. Karena dari tugas tadi akan tercipta keseimbangan, dan keseimbangan tadi akan membawa ketentraman dan kebahagian serta kedamaian hidup manusia di dunia maupun nanti di akhirat. Selesai kajian kemudian dilanjutjan acara buka bersama dan sholat maghrib berjamaah. Acara ini diakhiri dengan makan bersama dan foto bersama.
Selain itu acara ini juga sebagi ajang silaturahmi antara sesama mahasiswa pendidikan fisika bersama dosen, sebelum nantinya akan merayakan Hari Raya Iduel Fitri. Dengan kegiatan ini dimaksudkan juga agar para mahasiswa bisa saling mengenal satu sama lain khususnya antar angkatan dan mahasiswa dapat mengenal dosen di prodi pendidikan fisika yang belum penah masuk di kelas. Dari acara ini juga panitia kegiatan berharap apa yang disampaikan oleh pemateri dapat di implementasikan dalam kehidupan bermasyarakat agar bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi.